9:43 AM

(0) Comments

Manfaat yang bisa diperoleh ketika melakukan ibadah sholat terutama sholat subuh

Jay

Pertama, Terapi Jiwa, bahwa manfaat yang pertama dari sholat subuh adalah membersihkan jiwa kita dari sifat munafik, karena munafik merupakan salah satu kategori manusia disebut sakit jiwanya.
Orang munafik adalah seorang yang dalam hidupnya selalu senantiasa mencampuradukkan antara yang haq dan yang bathil, ia memiliki dua wajah (kiblat), kiblat yang positif dan kiblat yang negative. Kadangkala dalam hatinya ingin berbuat baik baik tetapi jiwa, pikiran dan fisiknya tidak mampu untuk menyambut kemuan hati tersebut. Sehingga orang munafik dalam hidupnya selalu dalam keadaan jiwa yang gelisah. Jiwanya tidak merasa tenang maupun tentram, yang ada di benaknya adalah keragu-raguan, malas, putus asa, patah semangat, mencari muka dan selamat hanya untuk dirinya sendiri. Yang dikeluarkan dari mulutnya adalah ucapan-ucapan hanya untuk cari muka, aktifitas yang dilakukan hanya dalam rangka untuk membuat pimpinan senang.

Kedua, Terapi Aqal, Waktu fajar merupakan kondisi yang menyehatkan, karena pada waktu itu tumbuh-tumbuhan sedang mengeluarkan oksigen yang masih bersih yang sangat bermanfaat bagi kehidupan (manusia). Oksigen tersebut yang akan menyegarkan tubuh. Selain itu dengan menghirup udara yang masih bersih dan segar akan menjadikan otak menjadi fresh, dengan kondisi otak yang segar seseorang akan mampu untuk berfikir yang jernih dan mampu memanaj kegiatan pada hari tersebut. Begitu juga sebaliknya apabila waktu fajar belum melakukan sholat subuh (sampai subuhnya kesiangan), maka akan mengakibatkan tubuh menjadi lelah dan capek, pikiran suntuk jiwa tidak tenang yang akan membawa akibat kepada kacau-balau agenda kegiatan pada hari itu.

Ketiga, terapi finasial, seorang hamba, walau sezuhud apapun dan sangat tidak peduli dengan urusan dunia, ia tetap senang kalau lapang rezekinya. Minimal mencukupi kebutuhan diri sendiri, untuk menyelamatkan muka dari hinanya meninta-meminta. Dan demi Allah, untuk mencapai ini jalannya adalah dengan menaati Allah.

sumber: myquran.org

0 Responses to "Manfaat yang bisa diperoleh ketika melakukan ibadah sholat terutama sholat subuh"