8:53 AM

(0) Comments

Optimasi Internet dengan Squid(1)

Internet adalah sebuah sistem komunikasi global yang menghubungkan komputer-komputer dan jaringan-jaringan komputer di seluruh dunia. Internet juga merupakan sumber informasi yang dapat menjadi bersifat positif dan dapat bersifat negatif. Karena pentingnya informasi yang dapat diperoleh dari Internet maka perlu kenyamanan saat menggunakannya. Untuk kenyamanan tersebut salah satunya dengan kecepatan dan kestabilan akses Internet. Ada beberapa cara untuk mengoptimalkan akses Internet antara lain dengan penggunaan proxy server atau sering disebut dengan cache server.

Instalasi Squid
Proxy server mempunyai kemampuan untuk menghemat bandwidth, meningkatkan keamanan dan mempercepat proses surfing web. Squid merupakan software proxy yang banyak dipakai dan dapat diperoleh secara gratis. Squid juga dapat digunakan untuk mengendalikan pemakaian bandwidth berdasarkan ekstensi file-file tertentu, menyaring situs-situs yang boleh diakses.
File yang dibutuhkan :
Squid-2.5.STABLE10.tar.gz bisa didownload di http://squid-cache.org
Instalasi
Ekstrak file squid-2.5.STABLE10.tar.gz
#tar -zxvf squid-2.5.STABLE10.tar.gz
Masuk ke direktori hasil dari ekstrak
#cd squid-2.5.STABLE10
Jalankan file konfigurasi install :
#./configure --prefix=/usr/squid --bindir=/usr/bin --sbindir=usr/sbin --enable-gnuregex --enable-async-io=24 --with-aufs-threads=24 --with-pthreads --with-aio --with-dl --disable-ident-lookups --enable-underscores --enable-dlmalloc --enable-storeio=ufs,aufs --enable-removal-policies=lru,heap --enable-delay-pools --disable-wccp --enable-kill-parent-hack --enable-snmp --enable-cache-digests --enable-linux-netfilter --enable-ssl --with-openssl --enable-truncate --enable-htcp --disable-poll --enable-icmp --disable-hostname-checks --disable-ident-lookups
Kemudian buat objek instalasi
#make
Jalankan instalasi
#make install
Sementara sampai installasi dulu, untuk konfigurasi d postingan berikutnya.


0 Responses to "Optimasi Internet dengan Squid(1)"