10:50 AM

(0) Comments

Protocol??

Setelah lama yang saya posting hanya cerita, curahan hati dll. Sekarang saya akan mencoba posting untuk sharing pengetahuan tp kalo ada salah ya mohon dikoreksi hehehe....
Protocol dalam sistem jaringan komputer dapat dianalogikan sebagai bahasa. Seseorang akan dengan baik dan mudah berkomunikasi, apabila melakukannya dalam bahasa yang sama. Meskipun tidak harus selalu demikian, karena toh kita akan mampu berkomunikasi dalam bahasa yang berbeda dengan lawan bicara kita. Bukankah anda tetap dapat berkomunikasi dengan bahasa Indonesia manakala lawan bicara anda menggunakan bahasa daerah tempat kita berasal ?

Namun tidak demikian dengan teknologi pada sistem jaringan komputer. Device - device yang ada dalam suatu sistem jaringan komputer hanya akan dapat bekerja sama dan saling berkomunikasi manakala mereka memiliki protocol yang sama. Mereka diciptakan dengan format dan standar kerja yang telah ditetapkan, mungkin dimasa yang akan datang, ketika teknologi mencapai pada tahapan rekayasa paling sempurna, berbagai protocol dapat dimengerti. Pada saat ini device yang menggunakan protocol kerja yang berbeda, maka agar tetap dapat dioperasikan pada suatu jaringan yang menggunakan protocol berbeda pula memerlukan adanya interface sebagai media konversi dari protocol satu ke protocol lainnya atau sebaliknya. Mirip bahasa bukan ? Banyak pejabat tertentu memerlukan penterjemah manakala mereka harus melakukan kunjungan kerja ke negara asing yang mereka sendiri tak memahami bahasanya.

0 Responses to "Protocol??"