7:37 AM

(0) Comments

Sekilas Tentang Inspira

Jay

Mau cerita sedikit tentang tempat kerjaku yang baru yaitu di Inspira. Di Inspira ini dibagi menjadi dua yaitu GECC dan GCP. Berikut ini coba aq jelaskan sebatas sepengetahuanku, maklumlah orang baru jadi blm banyak tau.
Yang pertama ada GECC singkatan dari Gama Education & Competency Center yang bergerak di bidang pendidikan yg melayani kursus/private berbagai kompetensi seperti networking, programing bahkan accounting.

Kemudian ada GCP singkatan dari Gama Content Provider yang bergerak pada jasa pengelola dan penyedia content SMS. Nah, kerjaku ya d bagian/divisi ini dan posisi sebagai tukang program. Di GCP ini mempunyai beberapa layanan yang ditawarkan.
Salah satu layanan yang ada adalah VASMS. VASMS sendiri merupakan singkatan dari Value Added SMS (Short Message Service) adalah sebuah sistem layanan SMS khusus yang disediakan oleh operator selular dengan ketentuan tarifnya yang khusus dan nomor tujuan pengiriman SMS ke sebuah nomor khusus yang biasanya berjumlah 4 angka biasa juga disebut dengan short number.

SMS yang dikirimkan ke short number ini akan diteruskan dari sistem operator selular ke sistem partner operator selular yang memiliki nomor tujuan tersebut yang bertindak selaku pengelola dan penyedia content SMS.

Pengelola dan penyedia content VASMS operator selular biasanya disebut dengan nama Content Provider. Content yang disediakan ini dapat berbentuk text ataupun binary. Content text biasanya digunakan untuk layanan SMS informasi, seperti : informasi IP, informasi pengumuman, informasi lokasi ATM dan lain sebagainya. Sedangkan content binary biasanya digunakan untuk layanan SMS yang berupa ringtone, wallpaper, theme, game, aplikasi java.

Jenis koneksi VASMS sistem Content Provider dengan sistem operator selular ada banyak macamnya, hal ini tergantung dari pihak operator selular yang bersangkutan, adapun macam protokol yang digunakan yaitu :
a. HTTP/HTTPS
b. SMPP
c. Socket
Mekanisme pengiriman SMS dalam VASMS ini terbagi menjadi dua macam, yaitu :
a. SMS PULL : mekanisme pengiriman SMS yang diawali dengan permintaan dari pelanggan yang kemudian akan diberikan balasan SMS sesuai dengan permintaannya.
b. SMS PUSH : mekanisme pengiriman SMS dengan sistem pendaftaran terlebih dahulu, yang kemudian secara berkala pihak content provider akan mengirimkan SMS ke nomor-nomor handphone terdaftar.

0 Responses to "Sekilas Tentang Inspira"