11:00 AM

(0) Comments

Pemrograman Client Server

Sebenarnya apa seh yang dimaksud dengan pemrograman client server itu?? Mungkin ada beberapakali saya ditanya mengenai itu. Nah berikut ini adalah definisi dari pemrograman client server yang pernah saya baca. Bagi yang baca dan mungkin lebih tau silahkan meninggalkan jejak d comment, biar kita bisa saling share hehehe...

Pemrogaraman yang sering digunakan dalam suatu jaringan adalah pemrograman model client/server. Konsep dari pemrograman tersebut sederhana, sebuah proses/aplikasi client melakukan permintaan untuk suatu informasi atau mengirim sebuah perintah ke suatu aplikasi server. Aplikasi server akan menerima permintaan dari client, kemudian memproses berdasarkan permintaan tersebut, dan akan mengembalikan sesuatu ke client sebagai suatu hasil dari pemrosesan yang sudah dilakukan.

Tugas dari server adalah melakukan listen untuk suatu koneksi, sedangkan client mencoba membuat koneksi ke server. Setelah koneksi terbentuk, hubungan pertukaran data antara client dan server diwakili dengan suatu stream input dan output.



Terdapat dua kelompok dalam pemrograman client/server berbasiskan TCP/IP, yaitu: kelompok pertama adalah aplikasi client/server yang sifatnya implementasi dari suatu protokol yang sudah didefinisikan oleh suatu RFC (Request For Comments). Contohnya adalah HTTP, FTP, SMTP dan sebagainya. Pembuatan aplikasi client/server tersebut, tinggal mengikuti RFC yang sudah ada sebagai bentuk implementasi RFC. Kelompok kedua adalah aplikasi client/server proprieatary. Aplikasi client dan server yang tidak perlu mengikuti aturan protokol yang sudah didefinisikan RFC tertentu. Pembuatan aplikasi tersebut dapat menggunakan mekanisme pertukaran data antara client dan server yang didefinisikan sendiri.

Untuk menyembunyikan penggunaan protokol pendukung aplikasi client/server berbasis TCP/IP, dibuatlah suatu antarmuka dan pustaka kelas atau fungsi yang disebut socket. Socket adalah sebuah abstraksi perangkat lunak yang digunakan sebagai suatu “terminal” dari suatu hubungan antara dua mesin atau proses yang saling berinterkoneksi. Di tiap mesin yang saling berinterkoneksi harus terpasang socket. Bahasa pemrograman yang mendukung socket adalah Java, VB, Delphi dll.


0 Responses to "Pemrograman Client Server"