5:42 AM

(0) Comments

Content Management System

Jay

Untuk yang saya posting kali ini mungkin sudah banyak yang tau karena bukan merupakan teknologi yang baru dan sudah berkembang cukup lama.

Content Management System atau lebih populer dengan singkatan CMS, pertama kali muncul adalah sebagai jawaban atau solusi dari kebutuhan manusia akan penyediaan informasi yang sangat cepat karena bentuk dari CMS adalah berupa website yang sudah jadi.

Untuk definisi dari CMS sendiri secara sederhana dapat diartikan sebuah sistem yang memberikan kemudahan kepada para penggunanya dalam mengelola dan mengadakan perubahan isi sebuah website dinamis tanpa sebelumnya dibekali pengetahuan tentang hal-hal yang bersifat teknis. Jadi meskipun anda tidak memiliki pengetahuan tentang bahasa pemrograman web anda sudah bisa membuat, menghapus atau bahkan memperbaharui isi sebuah website dengan CMS.

CMS juga memberikan kefleksibelen dalam mengatur alur kerja atau workflow dan hak akses, sehingga memperbesar kesempatan berpartisipasi dari pengguna dalam pengembangan website. Hal ini akan sangat menguntungkan bila website yang dikelola memiliki kompleksitas yang tinggi dan mengalami kemajuan yang cukup pesat.

Saat ini terdapat dua jenis CMS di pasaran, CMS Komersial dan CMS Open Source.
CMS Komersial.
Dibuat dan dikembangkan oleh perusahaan-perusahaan software yang menjalankan usahanya dengan motif mencari keuntungan. Setiap pengguna yang ingin memanfaatkan CMS komersial untuk mengelola website-nya haruslah membeli lisensi dari perusahaan pembuatnya.

CMS Open Source
Dibuat dan dikembangkan oleh sekelompok orang atau perusahaan yang intinya memberikan sebuah alternatif murah dan terjangkau kepada para pengguna. Tersedia secara gratis dan dapat dipergunakan sesuai dengan kebutuhan tanpa ada batasan. CMS jenis ini juga memberikan akses kepada penggunanya akan kode-kode pemograman, sehingga memudahkan pengguna untuk memodifikasi CMS di masa-masa yang akan datang.
Ada beberapa contoh CMS jenis ini antara lain :
  • Joomla
  • Drupal
  • Wordpress
  • Dan masih banyak lagi

0 Responses to "Content Management System"